Udah paham dengan pengertian RAB belum? Mari belajar bareng tentang RAB dalam membangun rumah! Hanya untuk Anda, yuk simak perlahan!

RAB BANGUN RUMAH || DACORE

Rencana Anggaran Belanja dalam suatu rencana adalah unsur penting yang harus dibuat. Mengapa demikian? Karena tidak mungkin kita ingin melaksanakan atau membuat sesuatu tanpa memperkirakan anggarannya. Berlaku juga saat akan membangun rumah. Kita perlu mensiasati langkah pertama dengan membuat RAB khusus untuk pembangunan rumah. Nah, kali ini Anda akan mengetahui pengertian dan contoh RAB untuk membuat sebuah rumah. Langsung aja cuss!

Rencana Anggaran Belanja

Sebelum masuk ke contoh RAB, mari simak terlebih dahulu pengertian tentang RAB itu sendiri. RAB atau Rencana Anggaran Belanja merupakan estimasi tentang banyaknya biaya yang akan dikeluarkan untuk bahan, alat, atau upah serta biaya-biaya lain yang berkaitan dengan pelaksanaan tentang sebuah kegiatan yang telah disusun secara rinci dan struktur.

Hampir semua kegiatan perlu adanya RAB, entah itu sebuah acara kecil sampai kegiatan proyek yang berhubungan dengan pembangunan. Tanpa adanya RAB, sebuah pembangunan tidak akan berjalan dengan lancar. Tak jarang Anda juga melihat sebuah kerangka bangunan yang terlantar atau pembangunan proyek yang terhenti. Salah satu penyebabnya bisa berasal dari RAB yang tidak terstruktur.

Besarnya anggaran biaya yang dikeluarkan itu tergantung dengan besarnya sebuah bangunan. Dacore akan sajikan contoh dari Rencana Anggaran Belanja untuk rumah sederhana dan bangunan dua lantai.

Baca Juga : 4 Contoh RAB Rumah yang Baik dan Benar Dilengkapi Cara Membuatnya

Tujuan RAB Rumah

  1. Memastikan biaya pembangunan rumah secara keseluruhan.
  2. Memetakan kebutuhan biaya material pembangunan.
  3. Melakukan perjanjian kontrak dengan kontraktor atau pemborong/vendor.
  4. Acuan untuk negosiasi harga antara kontraktor dengan mandor atau subkontraktor.
  5. Mengetahui perkiraan keuntungan atau kerugian jika menggunakan suatu metode kerja.
  6. Sebagai dasar membuat jadwal distribusi bahan material dan tenaga kerja ke lokasi pekerjaan.
  7. Bahan laporan proyek pekerjaan.
  8. Bahan pertimbangan untuk menentukan langkah manajemen.

Contoh RAB Rumah Minimalis Sederhana

Source : homeshabby.com

Contoh RAB Rumah 2 Lantai 

Source : hargadepo.com

Contoh RAB Rumah Modern

Source : hargadepo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *