Target Pasar Usaha Cafe. Indonesia memang sudah dikenal sebagai surga kuliner yang memiliki berbagai jenis masakan dengan cita rasa yang berbeda. Nyatanya ada banyak juga wisatawan yang datang ke Indonesia untuk menikmati objek wisata sambil mereka berkeliling sambil menikmati kuliner khas Indonesia.

Salah satunya dengan adanya coffee shop. Coffee shop saat ini memang sudah sangat menarik perhatian masyarakat dan digemari karena saat ini coffee shop selain menjadi tempat untuk membeli kopi atau minuman juga menjadi tempat untuk nongkrong, bersantai dan lainnya. lalu seperti apa strategi maupun target pasar usaha café yang bisa dipakai dalam usaha coffe shop ini?

Sumber: pinterest

Marketing Plan Coffee Shop

Ini adalah strategi marketing plan yang bisa Anda aplikasikan dalam bisnis coffee shop:

1. Periklanan

Jika berbicara mengenai marketing plan untuk coffee shop maka bisa dilakukan dengan cara baik offline maupun online. Untuk offline bisa dengan menggunakan spanduk, brosur, mouth to mouth, dan mengikuti bazar

Atau untuk online bisa dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan sosial media dengan digital advertising hal ini memudahkan Anda nantinya untuk berinteraksi dengan audiens dengan membuka sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google, dan TikTok.

2. Promosi

Selanjutnya ada promosi dapat dilakukan untuk meningkatkan kunjungan konsumen. Promosi ini dapat berupa diskon untuk jangka waktu tertentu atau potongan harga dalam rangka menyambut natal dan tahun baru. Selain itu ini akan menjadi target pasar usaha café Anda nantinya.

3. Sponsorship

Tentunya akan ikut berperan dalam memberikan sponsor ketika ada acara atau event tertentu. Contohnya di momen natal di gereja, dan lainnya. Maka Anda bisa bisa kerjasama agar voucher bisa dipakai kepada orang yang menghadiri acara tersebut.

Perencanaan Pemasaran Coffee Shop

Tentunya keberhasilan kedai kopi akan berhasil jika bisa mengaplikasikan strategi berikut ini:

1. Mengutamakan kualitas produk. Dalam arti meskipun harga kopi relatif lebih mahal dibanding produk sejenis, namun jika citarasa dan aroma kopi dapat memuaskan konsumen, maka ini akan menjadi kelebihan kedai kopi anda.

2. Kepuasan pelanggan. Jadi, dari pintu masuk ke dalam kedai kopi bahkan sampai tetes kopi terakhir, konsumen harus bisa merasakan keunikan dalam pengalaman untuk mencicipi kopi di kedai kopi Anda.

3. Inovasi. Dalam hal ini ciptakan ide kreatif dan inovatif dalam menambahkan pilihan produk atau jasa, salah satunya dengan menyediakan fasilitas internet di toko mereka.

4. Pemilihan lokasi. Tentu saja dalam memilih lokasi, cobalah untuk memilih area-area tertentu yang mana akan membuatnya sangat mudah ditemui di jalanan-jalanan kota. Ini pun bisa dikatakan menjadi target pasar usaha café lainnya yang harus Anda perhatikan.

target pasar usaha cafe
Sumber: pinterest

Promosi Cafe

Salah satu cara untuk membuat café tetap bertahan dan dikenal oleh banyak orang yaitu dengan melakukan promosi bahkan setelah masa launching, diantaranya:

1. Maksimalkan potensi sosial media

Promosi café di media sosial merupakan salah satu cara marketing yang paling mudah dan murah. Dalam hal ini maka Anda bisa mengunggah foto-foto yang berkaitan dengan bisnis kuliner seperti desain café, variasi menu makanan, dan lainnya.

2. Bagikan produk gratis

Anda bisa memakai strategi pemasaran ini untuk menarik lebih banyak konsumen, salah satunya dengan promo, diskon, dan produk gratis.

3. Tetap fokus dengan menu

Meskipun Anda harus memasarkan café untuk menarik lebih banyak pelanggan, namun jangan lupa jika sebenarnya daya tarik utama dari café adalah menu makanan.

Kesimpulannya adalah untuk bisa memenuhi target pasar usaha café, maka bisa dengan menggunakan beberapa cara yang disebutkan di atas. 

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa juga mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *