Waktu yang tepat buat renovasi rumah – Lho, memangnya renovasi rumah perlu memperhatikan musim? Ya tentu dong! Dacore akan menyajikan pemaparan materi tentang musim yang tepat untuk renovasi rumah khusus untuk Anda! Simak baik-baik penjelasan berikut ini!

MUSIM YANG TEPAT UNTUK RENOVASI RUMAH || DACORE

Siapa nih yang di sini tidak ingin jika rumahnya nyaman, aman, dan sehat? Pasti ingin semua dong! Kita tahu bahwa setiap rumah perlu dirawat dengan baik agar pemiliknya betah tinggal di dalamnya. Jika ada suatu kerusakan hendaklah baiknya segera untuk diperbaiki. Namun, pemilihan musim untuk renovasi rumah tidak boleh dilakukan sembarangan dan perlu dipikirkan secara matang-matang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan merenovasi rumah salah satunya dengan memperhatikan musim. Musim memiliki pengaruh besar dalam proses pembangunan rumah. Lalu, seperti apa musim yang tepat untu merenovasi rumah? Kemarau atau Penghujan? Yuk, simak bersama untuk tahu jawabannya.

Baca Juga : 6 Waktu yang Tepat untuk Melakukan Renovasi Rumah

Renovasi Rumah Saat Musim Hujan

Tidak perlu khawatir, renovasi rumah saat musim hujan sebenarnya sah-sah saja asalkan Anda berani mengambil resiko. Dalam hal ini, Anda hanya perlu pandai-pandai dalam manajemen waktu dan prioritas pekerjaan. Contohnya saja ketika Anda ingin melakukan perombakan kecil-kecilan seperti memperbaiki genteng yang bocor, renovasi rumah di kala musim hujan masih bisa ditoleransi. Namun, jika Anda ingin melakukan perombakan atau perbaikan secara besar-besaran Anda perlu memperhatikan berbagai aspek yang sama seperti saat ingin membangun pondasi saat musim hujan berikut ini. Langsung saja disimak, yuk!

Membangun Pondasi Di Musim Hujan

Jika ingin membuat dan merenovasi rumah di musim penghujan banyak hal yang harus diperhatikan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah terus mengikuti info cuaca agar dapat melakukan persiapan, siapa tahu sewaktu-waktu hujan datang tiba-tiba saat proses pembangunan. Kemudian, Anda juga harus tahu tentang bahan bangunan agar Anda dapat menyesuaikan tempat untuk menyimpannya. Jangan lupakan pasang atap darurat. Hal ini sangat berguna untuk melindungi semua yang ada di bawah atap tersebut, baik pekerja maupun bahan-bahan material.

Lokasi pembangunan harus terbebas dari jalur air, sehingga jangan sampai ada air yang tergenang. Hal itu bisa menjadi penghambat untuk proses pembangunan dan sangat beresiko. Tak lupa dengan pemilihan pekerja, Anda pun harus lihai memilih pekerja yang andal agar meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. 

Di musim penghujan pasti banyak rintangan untuk membuat atau merenovasi rumah maka dari itu, Anda harus mempersiapkan dana tambahan. Tidak ada yang tahu, pembangunan bisa saja memakan waktu lebih lama, bahan material yang rusak, serta tidak sesuai dengan perkiraan.

Dampak Membangun Rumah Di Musim Hujan

Setelah Anda mengetahui apa saja yang harus diperhatikan jika ingin membuat atau merenovasi rumah, kali ini giliran Anda wajib tahu ini dia beberapa dampak membangun rumah di musim hujan. 

  1. Kerusakan rumah lebih cepat dikarenakan curah hujan
  2. Pengeluaran dana yang membengkak. Bisa karena proses lebih lama ataupun kerusakan bahan material.
  3. Kecelakaan kerja yang tidak disangka-sangka dan bisa menjatuhkan korban.

Prakiraan Musim Kemarau 2022

Nah setelah tahu bahwa pembangunan atau perenovasian rumah di musim hujan sangatlah ribet, bagaimana jika Anda alihkan pembangunan atau perenovasian rumah saat musim kemarau? Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembangunan atau perenovasian rumah alangkah baiknya Anda juga harus mencari info tentang prediksi cuaca yang relevan. 

Nah, gimana? Udah tau jawabannya belum? Kira-kira seperti itu ya penjelasannya. Jangan sampai menyesal pilih musim buat bangun atau renov rumah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *